Cara Memperbaiki Jam Yang Berubah

Cara Memperbaiki Jam Yang Berubah...
Cara Memperbaiki Jam Yang Berubah.Pertama kali saya pake komputer ada sedikit masalah yang dihadapi, yaitu mengenai Jam atau waktu yang selalu berubah ke asal setiap komputer udah mati lama. Hal ini juga mungkin dialami oleh sobat. Jangan khawatir, karena itu bukan masalah besar atau masalah yang sulit diatasi.
Akan saya jelaskan mengapa jam selau berubah setelah komputer mati lama. Penyebab utama dari masalah ini adalah tidak adanya arus saat komputer dalam keadaan mati, ketika komputer mati tentu power supply juga ikut mati, jika power supply tidak menyuplay arus ke motherboard maka proses yang mestinya terus berjalan akan terhenti, salah satu proses yang terus berjalan yaitu tadi Jam atau waktu. Untuk menyupply Motherboard ketika komputer mati ada komponen yang namanya "CMOS".  Akan saya jelaskan apa itu
"CMOS". CMOS merupakan jenis sirkuit terpadu yang menyimpan setting BIOS pada saat komputer dalam keadaan mati.  Cmos berukuran sekitar sebesar koin seratus rupiah yang bisa didapat di toko-toko elektronik. Hargan dari Cmos berpariasi ada yang mulai dari 5000 dapat 3pcs sampai 25000 per pcs. Seperti ini kira-kira bentuk dari Cmos: 
Cara Memperbaiki Jam Yang Berubah. Dari Penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penyebab dari jam yang selalu berubah adalah kondisi Cmos yang sudah tidak bekerja dengan baik. Jadi segeralah sobat mengganti cmos dari pada tiap ngidupin komputer harus ngatur jam terus, harganya gak terlalu mahal ko, sudah disebutkan di atas tadi.

Cara Memperbaiki Jam Yang Berubah. Setelah diketaui penyebabnya saya akan share cara mengganti cmos. cmos berada pada motherboard. Sobat bisa cari kompone seperti gambar di atas, gak susah ko, jelas banget keliatan, seperti ini posisi cmos berada: 
Cara Memperbaiki Jam Yang Berubah

Kemudian sobat buka cmosnya dengan cara membuka dudukanya terlebih dahulu, gak sulit juga ko bukanya. setelah itu sobat bisa langsung ganti cmosnya dengan yang baru. Gak susah kan... 
Cukup sekian dari saya.

Semoga bermanfaat...

Advertisement

© 2014 Blognya Cep Ruddi - ALL RIGHTS RESERVED
Template By FIANESIA Diberdayakan oleh Blogger