Proses Komunikasi

Proses Komunikasi...
PROSES KOMUNIKASIDalam komunikasi ada beberapa sebutan untuk para pelaku di dalamnya,diantaranya:

Source ( Sumber )
Source adalah dasar yang digunakan didalam penyampaian pesan, dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber dapat  berupa orang atau lembaga atau juga buku dan sejenisnya.

Komunikator ( Penyampaian pesan )
Faktor yang perlu diperhatikan komunikator adalah :
  1. Penampilan
    Penampilan merupakan hal yang sangat penting yang perludiperhatikan oleh seorang komunikator, karena dengan penampilan dia menunjukan dirinya. Sebagai contoh  seorang ustadz pemimpin sholat jum’at yang membawakan khuthbah dia menggunakan pakaian muslim (koko), dengan menggunakan pakaian seperti itu menunjukan bahwa dia seorang ustadz.lain halnya ketika orang yang memimpin khuthbah memakai jeans dan mengenakan jaket kulit,coba anda bayangkan apa yang ada di pikiran para pendengarnya. Pasti aneh kan, maka pandai-pandailah menjaga penampilan, pastikan bahwa anda berada pada tempat yang tepat dengan penampilan yang anda kenakan.
  2. Penguasaan Masalah
    Penguasaan masalah akan mencerminkan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi. Maka dari itu anda harus benar-benar menguasai permasalah sebelum anda mepersentasikan atau menyampaikannya. Jika itu tidak dimiliki oleh anda, maka anda harus siap menjadi incaran para komunikan, anda akan terus dececar pertanyaan oleh para komunikan. Alhasil semuanya akan berantakan dan anda juga bisa-bisa dipermalukan oleh para komunikan.
  3. Penguasaan Bahasa
    Penguasaan bahasa tak kalah pentingnya yang harus dimiliki oleh komunikator, karena hal ini berpengauh pada konsentrasi seseorang terhadap apa yang anda bicarakan. Jika bahasa yang anda gunakan membosankan maka mood seseorang untuk mendengarkan akan hilang. Selain itu, perhatikan pula bahasa-bahasa yang sebenarnya belum anda pahami artinya, dan jangan sampai itu terucap oleh anda, dikhawatirkan anda akan salah mengartikannya dan anda malah akan membingungkan komunikan.
Message (pesan)
Message adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan disampaikan bisa dengan lisan/face to face/langsung atau media/channel, dalam menyampaikan pesan ada beberapa syarat yang harus anda penuhi,diantaranya:
  1. umum 
  2. jelas dan gamblang 
  3. bahasa yang jelas 
  4. positif 
  5. seimbang
  6. penyesuaian dengan keinginan komunikan
Hambatan Terhadap Pesan : 
  1. Hambatan Bahasa
    Hambatan bahasa akan muncul keika berada dalam tingkatan yang berbeda dalam berkomunikasi, maka dari itu sesuai dengan tingkatan adalah solusi terbaik untuk menghindari adanya hambatan bahasa.
  2. Hambatan Teknis
    Pesan yang kadang tidak tersampaikan kepada pnedengar kadang terjadidalam komunikasi, banyak hal yang menyebabkan itu terjadi, salah satu contoh adalah pengeras suara yang membuat suara tidak jelas, halilintar, dll. Maka dari itu perlu kita perhatikan pula teknis dalam berkomunikasi.
  3. Hambatan Bola Salju
    Hambatan bola salju muncul ketika rentang komunikasi semakin jauh, pesan akan menjadi sangat menyimpang dari asalnya, maka dari itu akan lebih baik jika pesan disampaikan secara langsung kepada yang bersangkutan.
Channel (Saluran)
Channel adalah saluran penyampaian pesan, dan lebih sering disebut “media”. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua bagian :
  1. Media umum ( telepon ) 
  2. Media massa ( radio, televisi, film)
Audience (penerima pesan) / Komunikan   
Dapat digolongkan dalam tiga jenis ;
  1. Komunikasi persona
    Ditunjukan kepada sasaran yang tunggal, bentuknya seperti tukar pikiran.
  2. Komunikasi kelompok
    Ditunjukan kepada kelompok tertentu, bentuknya seprti ceramah, briefing,danpenyuluhan
  3. Komunikasi Massa
    Ditunjukan kepada masaatau komunikasi yang menggunakan media masa.
Effect  ( hasil )
Effect adalah hasil akhir dari suatu komunikasi, yakni sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan.  
Effect ini sesungguhnya dapat dilihat dari :
  1. Personal opinion ( pendapat pribadi ) 
  2. Public opinion ( pendapat umum )
  3. Majority opinion ( pendapat bagian terbesar dari publik/masyarakat
Advertisement

© 2014 Blognya Cep Ruddi - ALL RIGHTS RESERVED
Template By FIANESIA Diberdayakan oleh Blogger