Cara Membuat Daftar Isi

Cara Membuat Daftar Isi...


Kali ini saya akan berbagi tips untuk membuat daftar isi pada MS. WORD 2007/2010.
Subuah karya tulis pastilah memiliki daftar isi,  terkadang saat kita membuat sebuah karya tulis yang yang membuat kita malas adalah membuat daftar isinya, karena pembuatannya yang rumit, harus menggunakan titik-titik, mesti mengatur halamannya, dan yang lebih rumit lagi adalah membuat titik-titik yang lurus dan rapih. Pemikiran itu semua akan hilang setelah anda membaca artikel ini.
Langsung aja simak....

Sebenarnya cara membuat daftar isi untuk sebuah karya tulis itu sangat mudah, tidak harus mengetikan setiap judul dan sub judul pada lembar halaman datar isi, tidak perlu mengatur halaman pada judul dan sub judul, dan tidak perlu pula mengatur titik-titik yang membuat kita malas karena pengerjaannya tidak bisa rapih. Melainkan hanya cukup mengatur styles pada judul dan sub judul kemudian akan langsung muncul hasilnya.

Kita mulai tutorialnya, buka dokumen yang akan anda buat daftar isinya. Setelah itu atur style pada setiap judul dan sub judul pada artikel anda.
Blok terlebih dahulu judul, kemudian atur styles menjadi Heading1 pada rebon home.     
Lakukan hal yang sama pada semua judul.


 

Kemudian rubah styles subjudul menjadi heading2, lakukan cara yang sama dengan merubah judul tadi, blok terlebih dahulu subjudul, kemudian atur styles menjadi Heading2 pada rebon home.
Lakukan pula hal yang sama pada sub judul yang lainnya.



Setelah anda mengatur semua style pada juduldan subjudul anda, kemudian beri satu halaman kosong pada dokumen anda dan letakan pada halaman pertama, fungsinya sebagai halaman daftar isi yang akan kita buat. Caranya simpan kursor pada baris petama, kolom pertama atau bisa dengan cara menekan tombol page up (pgup) pada keyboard anda sampai habis kemudian tekan tombol home. Setelah itu anda klik page break pada rebon insert.

 

Setelah mengklik page break akan muncul satu halaman kosong pada halaman pertama,halaman itu nantinya akan kita buat untuk daftar isi.
Next, kita buat daftar isinya, simpan kursor pada halaman pertama,kolom pertama dan baris pertaman. Klik table of contents pada rebon references dan pilih table of contents 1.


 


Jika tahapnya benar maka akan muncul daftar isi yang sudah jadi, hanya tinggal dipoles sedikit hasilnya sudah OK. Gampang kana, ini contoh yang saya buat yang sudahdipoles sedemikian rupa. 


OK. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Advertisement

© 2014 Blognya Cep Ruddi - ALL RIGHTS RESERVED
Template By FIANESIA Diberdayakan oleh Blogger