Penyebab Aplikasi Sering Force Close

Penyebab Aplikasi Sering Force Close...
Penyebab Aplikasi Sering Force Close
Bagi pada pengguna smartphone android dengan spesifikasi low end sampai high mungkin pernah mengalami yang namanya force close atau crash. Pasti rasanya menyebalkan, ketika anda sedang asik-asiknya menggunakan aplikasi yang sedang anda jalankan tiba-tiba close dengan sendirinya. Itu pernah saya rasakan sendiri, dan sekarang saya akan berbagi informasi kenapa penyebab terjadinya apliaksi yang tiba-tiba close atau close saat akan membukanya.

Berikut adalah Penyebab Aplikasi Sering Force Close :
  1. Kapasitas memori penuh
    Jika anda menginstall aplikasi tidak melalui google play dan mendapatkan notifikasi "Insufficient storage" itu berarti kapasitas memori anda sudah penuh, akibatnya kinerja prosesor dan RAM akan menjadi sangat terkuras sehingga biasanya membuat aplikasi menjadi crash.
    Sama halnya ketika anda terlalu banyak menjalankan aplikasi pada smartphone anda, akan mengakibatkan kinerja Prosessor dan RAM termakan habis bila aplikasi dijalankan secara bersamaan.
    Maka dari itu, selektiflah dalam menginstall aplikasi untuk mencegah crash nya aplikasi akibat kinerja Processor dan RAM yang terkuras habis.

  2. Koneksi internet yang tidak stabil
    Jika aplikasi yang sedang anda jalankan memerlukan koneksi internet bisa jadi ini adalah salah satu penyebabnya. Apa alasannya, ketika aplikasi yang sedang anda jalankan meminta koneksi internet yang besar namun aktual koneksi di smartphone sobat tidak stabil, apliasi tersebut akan tersu berusaha memaksa kepada smartphone anda untuk terus berusaha mendapatkan koneksi internet yang besar, dan jika koneksi itu tidak di dapatkan juga oleh aplikasinya, maka yang terjadi aplikasi tersebut akan tiba-tiba close.
    Maka pastikan smartphone anda berada pada koneksi yang starbil, jangan salahkan aplikasi atau HH jika aplikasinya Force-Close.

    Baca Juga : Cara Menghemat Kuota Internet

  3. Aplikasi dengan Bug yang fatal
    Apa maksudnya, gampangnya sistem pada aplikasi tersebut belum atau bahkan tidak sempurna. Aplikasi untuk android terdiri atas berbagai macam file dan picture, maka jika susunan tidak sesuai atau tidak sempurna maka bisa mengakibatkan aplikasi tersebut close dengan sendirinya. Sebagai contoh sederhanya jika pada aplikasi tersebut terdapat picture dan resolusi dari picture tersebut terlalu besar yang mengakibatkan size menjadi besar maka itu akan mengakibatkan aplikasi tersebut menjadi force close.
    Aplikasi sekelas Facebook saja sering melakukan update terhadap aplikasinya, salah satu alasan update tersebut adalah memperbaiki bug yang muncul pada aplikasi facebook tersebut. Untuk mengetahui bug yang fatal pada aplikasi, anda dapat melihatnya pada review aplikasi tersebut di google play.

  4. Aplikasi tidak kompetibel
    Ini akan dirasakan oleh para pengguna smartphone yang sering menginstall aplikasi tidak melalui google play atar dalam bentuk APK. Perlu anda ketahui bahwa suatu aplikasi harus sesuai dengan versi OS dari Android yang ada. Akibat jika aplikasi tidak sesuai dengan OS Andoidnya maka akan mengakibatkan Force close di awal.
    Mungkin anda pernah mencari suatu aplikasi di google play dan hasil nya anda tidak menemukan aplikasi yang anda cari, tetapi di smartphone teman anda aplikasi yang ada cari itu ada di google play. Penyebabnya adalah aplikasi tersebut tidak kompetible dengan OS Android anda.

  5. Fitur pada aplikasi tidak terintegrasi dengan sempurna
    Kasus ini terjadi ketika suatu aplikasi yang seharusnya dapat terintergarsi dengan sempurnya malah tidak, contohnya suatu aplikasi news atau berita dapat terhubung dengan aplikasi chatting untuk keperluan share, dan ketika aplikasi chatting tersebut tidak dapat di buka dan anda memaksanya secara terus menerus maka akan membuat aplikasi tersebut menjadi crash.

  6. Menghentikan aplikasi secara paksa
    Ketika suatu aplikasi sedang berjalan di latar belakang, dan anda memaksanya untuk berheneti secara paksa pada menu setting,itu akan membuat aplikasi menjadi crash. Setelah proses penghentian secara paksa berakhir dan anda akan membukanya kembali ada kemungkinan aplikasi tersebut akan force-close.

    Semoga bermanfaat.
Advertisement

© 2014 Blognya Cep Ruddi - ALL RIGHTS RESERVED
Template By FIANESIA Diberdayakan oleh Blogger