Cara Menghemat Kuota Internet

Cara Menghemat Kuota Internet...
Cara Menghemat Kuota Internet
Kebutuhan internet dalam smartphone sudah bagaikan oksigen dalam kehidupan. Namun seiringnya kebutuhan internet pada smartphone kita, para penyedia jasa akses data untuk tehubung ke internet memanfaatkan kondisi ini dengan memberikan harga yang melambung tinggi. Dengan kondisi seperti ini, saatnya untuk berputar otak untuk membuat bagaimana caranya agar paket data atau kuota internet kita menjadi lebih hemat.

Beriktu tips Cara Menghemat Kuota Internet:

  1. Lebih selektif dalam mengistal aplikasi
    Tahukah anda, jika ada aplikasi yang sebenarnya tidak sedang kita buka tetapi aplikasi tersebut memakan data internet kita. Aplikasi tersebutlah yang membuat kuota internet anda cepat habis. Karena walaupun kita tidak sedang menggunakannya, tetapi aplikasi tersebut terus memakan data internet kita, Contoh aplikasi tersebut seperti Whatsapp, BBM, Twitter, Instragram, Facebook, game online, dll.
    Maka dari itu, kembali ke diri anda pribadi, tentukan aplikasi apa saja yang benar-benar anda butuhkan untuk menunjang segala kebutuhan dan aktifitas anda. Jika anda tidak memerlukannya, segeralh untuk di uninstall.
  2. Aktifkan selalu WIFI
    Yang diharapkan ketika kita selalu mengakrikan Wifi adalah ketika ada wifi terbuka (tanpa password) atau wifi yang sebelumnya kita telah terhubung akan secara otomatis terhubung ke wifi tersebut kemudian akan membantu kita dalam penghematan Kuota internet.
    Cara ini memang kurang efektif karena jarang sekali ada wifi terbuka tanpa password, tapi akan sangat membantu bagi anda yang bekerja di kantor-kantor, restaurant, hotel yang memiliki akses wifi.
    Namun ada efek tersendiri ketika kita melakukan cara ini, efekny yaitu baterai Smartphone kita akan menjadi lebih cepat habis dari sebelumnya.

    Baca Juga Cara Mempercepat  Koneksi Smartfren Part 1, Part 2, Part 3

  3. Mematikan sambungan data ketika tidak digunakan
    Ketika kita dalam perjalana, tidur, atau melakukan aktifitas yang tidak dapat diganggu, alangkah baiknya jika kita mematikan sambungan data kita, karena apa, kembali kepada point pertama, ada aplikasi yang sebenarnya kita tidak sedang membukanya tetapi tetap memakan kuota internet anda.
    Dengan menonaktifkan sambungan data ketika kita sedang sibuk atau tidak bisa diganggu, kouta anda akan lebih hemat karena saat smartphone menganggur tidak memakan data internet.
  4. Nonaktifkan Sinkronisasi Weather
    Menurut saya, jika pada smartphone sobat terinstall weather mohon untuk di evaluasi lagi, karena jika anda jarang menggunakannya lebih baik di nonaktifkan atau di uninstall bila perlu. Karena aplikasi ini selain dapat menguras data internet anda, aplikasi ini pula dapat membuat baterai anda menjadi lebih boros, karena aplikasi ini akan terus berjalan di latar belakang untuk mendapatkan update weather sesuai daerah anda saat itu.
  5. Matikan auto play video di facebook, twitter, dan instagram
    Fitur auto play ini akan sangat banyak menguras sata internet anda, karena yang diputar di sini adalah video. Walaupun kita tidak tertarik untuk melihatnya, video akan tetap berputar sebelum kita stop.
    Alangkah baiknya jika fitur ini anda non aktifkan, karena dengan itu anda bisa menyeleksi terlebih dahulu  video mana saja yang akan anda tonton, sehingga penggunaan data anda terpakai dengan baik dan tidak sia-sia.

Sekian artikel 5 Cara Menghemat Kuota Internet yang telah saya buat.
Semoga bermanfaat.
Advertisement

© 2014 Blognya Cep Ruddi - ALL RIGHTS RESERVED
Template By FIANESIA Diberdayakan oleh Blogger