Perbedaan GPS dan A-GPS

Perbedaan GPS dan A-GPS...
Perbedaan GPS dan A-GPS
Perbedaan GPS dan A-GPS. Mungkin nama GPS sudah tidak asing lagi di telinga anda, tapi dengan istilah A-GPS mungkin anda baru dengar istilah ini,walaupun perbedaan dari katanya hanya sedikit tapi memiliki arti yang berbeda, akan saya jelaskan perbedaannya:

Pengertian
GPS (Global Position System)  adalah sebuah sistem pasif yang menyediakan informasi posisi secara terus menerus di berbagai belahan dunia.
A-GPS (Assisted Global Position System) adalah system yang membantu perangkat mobile untuk menemukan satelit. Sehingga akan mempercepat perhitungan lokasi yang ditandai.
Jadi jika disimpulkan A-GPS sama halnya dengan GPS, namun A-GPS mendapatkan bantuan dari base station dalam penentuan posisi untuk mendapatkan satelit, sehingga pendcarian lokasi lebih cepat didapat.

Manfaat dari A-GPS
Dengan bantuan dari base station, pencarian satelit akan lebih mudah sehingga waktu yang diperlukan untuk mencari lokasi akan jauh lebih cepat.
Contoh realnya, ketika GPS anda dimatikan dalam waktu yang lama, dan ketika diaktifkan kembali, GPS akan mencari satelit untuk menemukan posisinya, naaah dengan A-GPS waktu untuk pencarian satelit akan jauh lebih singkat karena mendapat bantuan dari base station.
Jadi sangat jelas bawahwa manfaat dari A-GPS adalah mempercepat waktu pencarian lokasi.

Selain itu ada beberpa hal yang mesti anda tahu mengenai A-GPS.
A-GPS dapat digunakan dimana saja selama koneksi jaringan data tidak terputus,  anda juga dapat menggunakan layanan selain jaringan home anda (saat roaming).

Koneksi internet yang dapat digunakan oleh A-GPS diantaranya 3G dan 2G dan koneksi GPRS dan EGPRS. Namun A-GPS tidak dapat menggunakan jaringan WLAN.

Batasan jangkauan sama halnya dengan GPS, sangat berpengaruh terhadap bangunan, ruangan, gangguan alam, kondisi cuaca dan lokasi pengguna. Dan yang perlu diketahui lagi adalah jangan sesekali tangan anda menutupi sinyal penerima GPS yang biasanya berda di bawah Handphone anda karena itu akan sangat menghambat pencarian.






Advertisement

© 2014 Blognya Cep Ruddi - ALL RIGHTS RESERVED
Template By FIANESIA Diberdayakan oleh Blogger