Tips Memaksimalkan Presentasi

Tips Memaksimalkan Presentasi...
Tips Memaksimalkan Presentasi
Dalam menyampaikan sebuah hasil yang telah kita kerjakan kita dituntuk untuk menyampaikannya dengan cara prsentasi. Presentasi merupakan hal yang paling ditakuti bagi orang yang tidak pernah melakukannya karena ini berkaitan dengan rasa yang tidak percaya diri yang menyebabkan rasa malu.

Berikut ini saya berbagi tips untuk Memaksikan Presentasi yang anda lakukan dengan apa yang telah saya alami sendiri. Dan semoga bermanfaaat.
  • Hilangkan rasa gerogi dan tetaplah percaya diri
Dalam presentasi tidak menutup kemungkinan timbul rasa gerogi atau gemetaran yang akan mengganggu anda, gerogi dapat dipicu oleh beberapa faktor. Jangankan anda yang baru belajar atau yang pertama kali melakukan presentasi, yang sudah pernah berkali-kalipun terkadang mengalami hal ini.
Jika anda merasa gerodi atau gemetaran dalam melakukan persentasi, anda tidak perlu khawatir dan jangan grasah-grusuh, akan tetapi kuasai diri anda agar tetap tenang dengan melakukan bergerak dan gerjalan secara profesional menghadap audiens, agar gemetaran dan gerogi anda tak tampak oleh audiens. Dengan begitu juga anda tidak akan terlihat monoton disatu tempat saja, cara ini juga megingatkan sesuatu yang terlupakan.
Selain cara tadi ada pula hal klasik yang sering kita lupakan dalam mengahadapi rasa gerogi, yaiutu menarik napas sedalam-dalamnya dan membuangnnya secara perlahan. Hal itu memang sangat simpel tetapi pengaruhnya sangat besar pada diri kita.
  • Lupa Materi Persentasi
Sebelumnya jika anda merasa khawatir maka meteri persentasi anda akan lupa, anda akan calagapan gak karuan karena anda lupa apa yang akan anda sampaikan. Maka sebaiknya anda membawa catatan kecil yang berupa poin-poin inti dari materi persentasi anda. tidak perlu malu dengan membawa catatan , tentunya buatlah catatann yang profesional juga (seperti MC). trainer seniorpun melakukan hal ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan (Lupa). Dan untuk mencari ilham anda bisa sambil bergerak-gerak, karena selain dapat mengingatkan hal yang lupa bergerak-gerakpun dapat mendapatkan inspirasi apa yang akan kita bicarakan agar audiens tidak boring denga yang anda persentasikan, karena dalam presentasi anda dituntut agar audiens menikmati alunan persentasi anda.
  • Hipnotis Audiens
Ketika anda sudah menguasai kedua langkah di ats tadi yaitu gerogi dan lupa, maka yang paling penting lagi ialah bagaimana audiens ini seolah-olah terhipnotis/terkesina dengan penampilan persentasi anda. Hal ini biasanya bertahap (tidak mudah), semakin lama anda melakukan persentsi maka anda sendiri akan tahu dengan sendirinya, sesuatu apakah yang baik dilakukan saat berpersentasi. Namun bagi anda yang pemula bebepa tekik untuk menghipnotis audiens yaitu dengan sentuhan  emosional para hadirin.
Banyak hal yang bisa dilakukan   untuk menguasai para audiens, yaitu denga melakukan sesuatu seperti memberiakn cuplikan video, musik, atau apa saja bahkan sesuatu yang anda lakukan dengan tubuh anda sendiri yang tentunya masih berkaitannya dengan meteri perserntasi anda. Jangan meterinya tentang bisnis tapi yang disajikan musik rohani, kan gak cocok.

Sekian tips dari saya mengenai Memaksimalkan Presentasi semoga bermanfaat bagi anda yang baru akan melakukan presentasi ataupun bagi yang sudah mahir....
Advertisement

© 2014 Blognya Cep Ruddi - ALL RIGHTS RESERVED
Template By FIANESIA Diberdayakan oleh Blogger